Pengertian Earning per Share (EPS) dan Fungsinya Bagi Perusahaan

Saham2 Views

Earning per Share (EPS) atau laba per saham adalah salah satu indikator keuangan yang penting bagi perusahaan dan investor. Sebagai salah satu metrik finansial utama, EPS memberikan gambaran tentang profitabilitas perusahaan dan digunakan dalam berbagai analisis dan perhitungan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu EPS, bagaimana cara menghitungnya, dan peran pentingnya bagi perusahaan.

Pengertian Earning per Share (EPS)

EPS adalah ukuran laba bersih perusahaan yang dialokasikan untuk setiap saham biasa yang beredar. Dengan kata lain, ini adalah jumlah laba yang dihasilkan perusahaan untuk setiap saham yang beredar di pasar. EPS adalah indikator penting dari nilai perusahaan dan digunakan oleh investor untuk menilai kinerja finansial perusahaan.

EPS dihitung dengan membagi laba bersih perusahaan dengan jumlah saham biasa yang beredar. Jika perusahaan memiliki laba bersih sebesar $1 juta dan 1 juta saham beredar, maka EPS perusahaan tersebut adalah $1.

Peran Penting EPS Bagi Perusahaan

EPS memiliki beberapa fungsi penting bagi perusahaan, beberapa di antaranya adalah:

  1. Penilaian Kinerja: EPS digunakan oleh manajemen perusahaan untuk menilai kinerja finansial perusahaan. Jika EPS meningkat dari waktu ke waktu, ini menunjukkan bahwa perusahaan menjadi lebih efisien dalam menghasilkan laba.

  2. Pengambilan Keputusan: Informasi tentang EPS dapat membantu manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan penting. Misalnya, jika EPS rendah, perusahaan mungkin perlu mempertimbangkan untuk memotong biaya atau mencari sumber pendapatan baru.

  3. Atraktif bagi Investor: EPS yang tinggi dapat membuat perusahaan lebih menarik bagi investor. Investor sering menggunakan EPS untuk membandingkan profitabilitas perusahaan yang berbeda sebelum membuat keputusan investasi.

  4. Pembagian Dividen: EPS juga digunakan dalam menentukan jumlah dividen yang akan dibagikan kepada para pemegang saham. Perusahaan dengan EPS tinggi biasanya mampu membayar dividen yang lebih besar kepada para pemegang saham.

Cara Menghitung EPS

Cara menghitung EPS cukup sederhana. Anda hanya perlu membagi laba bersih perusahaan dengan jumlah saham biasa yang beredar.

EPS = Laba Bersih / Jumlah Saham Beredar

Misalkan sebuah perusahaan memiliki laba bersih sebesar $1 juta dan memiliki 1 juta saham beredar. Maka EPS perusahaan tersebut adalah $1.

Dengan demikian, EPS memiliki peran penting bagi perusahaan dan merupakan indikator keuangan yang penting untuk dipahami oleh para pemegang saham dan investor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *