5 Bisnis Anak Kuliahan Paling Rekomendasi dan Menguntungkan

Bisnis Anak Kuliah
Memulai bisnis untuk mahasiswa dengan hal yang kecil

BelajarUsaha.com – Seiring dengan semakin tingginya biaya hidup dan pendidikan, menjadi mahasiswa kadang-kadang tidak cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

Untuk itu, memulai bisnis sampingan bisa menjadi opsi yang menarik, tidak hanya untuk meraih keuntungan tambahan, tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan dan menambah pengalaman.

Berikut adalah lima bisnis sampingan yang cocok bagi mahasiswa:

1. Jasa les privat

Mahasiswa mempunyai keahlian di bidang akademik yang bisa dimanfaatkan untuk jasa les privat. Bisa menjadi pengajar matematika, fisika, kimia, bahasa atau pelajaran lainnya yang dikuasai dengan baik. 

Selain memberikan dampak baik pada karir akademik Anda, les privat bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

2. Jual beli online

Bisnis jual beli online bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan untuk mahasiswa. Kamu bisa menjual barang-barang bekas seperti pakaian, buku, atau aksesoris, atau membeli barang dengan harga murah untuk dijual kembali dengan harga lebih tinggi.

Dengan menggunakan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak, kamu bisa memulai bisnis ini dengan mudah.

Baca JugaPeluang Bisnis Jualan Cilok di Rumah Untung 3Juta per Bulan

3. Jasa penulisan artikel

Mahasiswa seringkali mempunyai kemampuan menulis yang baik dan hal ini bisa dimanfaatkan untuk menjual jasa penulisan artikel. Kamu bisa menulis artikel untuk blog atau website orang lain dengan bayaran tertentu.

Meski membutuhkan effort dan konsistensi dalam menulis, jasa penulisan artikel bisa memberikan penghasilan lumayan.

4. Jasa fotografi

Bagi mereka yang mempunyai hobi fotografi dan menguasai teknik pengambilan foto baik secara manual maupun digital, bisa menjual jasa fotografi. Kamu bisa menawarkan jasa pemotretan untuk pre-wedding, ulang tahun, atau acara lainnya dengan bayaran tergantung dari kebutuhan klien.

5. Jasa desain grafis

Jasa desain grafis bisa menawarkan layanan pembuatan logo, brosur, spanduk, kartu nama, stiker, dan masih banyak lainnya.

Hal ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menjadi kreatif dan berjualan tidak hanya kepada individu, tapi juga pengusaha atau organisasi besar.

Keuntungan menjadi seorang desainer grafis adalah Anda bisa menjalankan bisnis dari mana saja, mempromosikan jasanya pada media sosial atau marketplace online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *