Modal Awal dan Analisa Usaha Gorengan dan Sayuran Matang

BelajarUsaha.com – Gorengan merupakan jajanan yang paling banyak disukai oleh masyarakat indonesia. Gorengan sendiri secara umum terdiri dari tahu isi atau dalam bahasa jawa tahu susur, tempe goreng, mendoan dll.

Sperti banyak kita ketahu di abang penjual mieayam atau bakso, biasanya mereka juga menyediakan gorengan dan kerupuk sebagai sajian lainya.

Namun tak jarang bisa dilihat beberapa orang menjual gorengan secara khusus yaitu menjual gorengan saja beserta teman temanya.

Usaha seperti itulah yang ternyata banyak peminatnya, karena hampir setiap masyarakat indonesia sangat menyukai gorengan. lalu kalau mau usaha gorengan bagaimana?

Modal Awal dan Analisa Usaha Gorengan dan Sayuran Matang

Analisa Bisnis

Analisa bisnis perlu dilakukan sekecil apapun bisnis kita, sebab dengan analisa awal dari sebuah bisnis dijalankan, akan membuat kita tahu arah kemana bisnis tersebut berjalan.

Analisa bisnis gorengan dapat dilakukan dengan melihat tempat dimana akan dijadikan jualan, apakah daya beli masyarakat tinggi atau tidak, minimal mencari tempat strategis dimana setiap orang yang menginginkan gorengan dapat membeli dengan mudah.

Persiapan Usaha

Dalam proses persiapan usaha gorengan ada beberapa yang perlu dilakukan seperti memeprsiapkan bahan dan peralatan dan yang tak kalah penting adalah koneksi yaitu koneksi dengan para penjual bahan bahan gorengan seperti tempe, tahu, sayuran, minyak dan tepung.

Baca JugaModal Awal Usaha Warung Kelontong Grosir dan Ecer di Desa Beserta Keuntunganya

Dengan menjalin hubungan yang baik kepada suplier akan memudahkan dalam proses jalanya usaha. Dalam persiapan usaha juga perlu diperhatikan tempat berjualan, sebab dengan tempat yang strategis dapat mendatangkan customer dengan cepat.

Analisa Modal

Dalam proses usaha gorengan tentu ada modal yang perlu diperhatikan, berikut adalah contoh gambaran umum usaha gorengan :

#Peralatan

– Booth : 1.500.000

– Wajan : 200.000

– Kompor : 300.000

– Gas : 300.000

-Peralatan lainya : 500.000

TOTAL : 2.800.000

#Bahan bahan

– Minyak : 200.000

– Tepung : 200.000

– Sayuran : 50.000

– Bumbu : 50.000

– Lainya : 100.000

TOTAL : 600.000

Jika di total modal awal usaha gorengan yaitu 2.800.000 + 600.000 = Rp 3.400.000 , setiap analisa modal awal tentu bukanlah final melainkan perkiraan dan setiap daerah tentu berbeda.

Analisa Keuntungan

Jika berbicara soal keuntungan, tentu usaha gorengan bukanlah seperti usaha f&b lainya, jika umumnya margin rata rata 30-100% dari modal awal, usaha gorengan seperti jualan produk retail, yaitu recehan.

Gampangnya untuk setiap gorengan dengan harga 1000 paling bagus mendapatkan keuntungan 200-300 rupiah saja dan misal akumulasi orang beli gorengan 10000 maka kita hanya akan mendapatkan keuntungan 2000 rupiah saja.

Akan tetapi usaha gorengan memiliki pasar yang luas dan transaksi yang banyak, jadi semakin besar transaksi dilakukan maka semakin besar pula keuntunganya.

Kesimpulan

Usaha gorengan memiliki keuntungan yang cukup jika dijalankan dengan sabar, akan tetapi akan terasa sulit jika yang dibandingkan adalah keuntungan perpcs terjual.
Usaha gorengan juga usaha yang mudah dijalankan, usaha bisa dijalankan dimana saja, bahakan bisa dijalankan dirumah tanpa harus keluar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *