Konsep Sederhana AIDA Dalam Marketing, Penting Untuk Sebuah Usaha

AIDA
AIDA pertama kali diperkenalkan oleh E. St. Elmo Lewis di Amerika pada tahun 1898

BelajarUsaha.com – Pengertian AIDA adalah sebuah model marketing yang digunakan untuk mengidentifikasi empat tahapan kognitif yang dilalui konsumen dalam proses membeli suatu produk atau jasa .

Konsep AIDA dalam marketing adalah model yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas penjualan dan kampanye pemasaran dengan menargetkan tahapan kognitif konsumen. AIDA merupakan kependekan dari:

  • Attention: Membuat perhatian konsumen terhadap produk atau layanan. Artikel dapat menggunakan judul yang menarik perhatian. 
  • Interest: Membuat minat konsumen dengan menjelaskan manfaat utama dari produk.
  • Desire: Membuat keinginan konsumen untuk memiliki produk dengan menekankan manfaat yang spesifik.
  • Action: Memotivasi konsumen untuk bertindak dengan menjelaskan cara membeli produk.

Jadi artikel bisa menjelaskan terlebih dahulu makna dari AIDA, kemudian uraikan bagaimana penerapannya dalam konteks pemasaran untuk membangun kesadaran, ketertarikan, keinginan dan aksi calon pelanggan terhadap produk dan layanan Anda.

Sejarah Konsep AIDA

Sejarah AIDA bermula pada tahun 1898 oleh E. St. Elmo Lewis, seorang penulis dan pengiklan Amerika. Konsep AIDA sendiri diartikan sebagai Attention, Interest, Desire dan Action.
AIDA merupakan model pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian calon pelanggan lalu membangkitkan minat, keinginan dan mengarahkan mereka untuk melakukan aksi pembelian.
Dengan kata lain, AIDA bertujuan untuk mengidentifikasi empat tahapan kognitif yang dilalui konsumen sejak memperhatikan produk hingga akhirnya membelinya.
Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk memaksimalkan model AIDA adalah sebagai berikut: Pertama, perhatikan audiens yang ingin Anda jangkau dengan baik untuk tetap terfokus. Untuk memulai proses AIDA, gunakan judul dan deskripsi yang menarik perhatian.
  • Berikan informasi yang relevan dan singkat untuk menarik perhatian audiens.
  •  Berikan audiens alasan kuat untuk menginginkan produk.  
  • Ajak konsumen untuk bertindak dengan mempermudah proses transaksi.
Selain itu, teknik sederhana seperti menambahkan ilustrasi, suara, atau video dapat membantu memaksimalkan penerapan AIDA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *