Ide Bisnis Keripik Pelapah Pisang Modal Minim Untung Banyak

BelajarUsaha.com – Siapa yang tidak tahu pelapah pisang, pohon pisang yang banyak ditemukan di penjuru kebun rumah rumah warga.

Umumnya ketika menanam buah pisang hal utama yang menjadi tujuan adalah buah pisang itu sendiri. namun sekarang bukan hanya buahnya saja, melainkan pelapah juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi ladang penghasilan tambahan.

Ada banyak manfaat dari pelapah buah pisang seperti bisa di jadikan kerajinan tangan dan juga sovenir pernikahan, namun ternyata bukan hanya itu, pelapah pisang juga bisa dijadikan makanan.

Dengan bermodalkan pelapah pisang bisa di olah menjadi keripik pisang yang krispi dan memiliki bentuk unik dan rasa yang enak.

Untuk cara membuatnya pun sangat mudah, yuk ikuti cara membuat keripik pisang untuk ladang bisnis sampingan.

Ide Bisnis Keripik Pelapah Pisang Modal Minim Untung Banyak

  • Pertama kita cari dulu pelapah pisang yang hendak di olah
  • Tebang pohon pisng dan potong yang rapi
  • Setelah itu cuci hingga bersih dan tiriskan
  • Pelapah pisang nantinya akan di potong menjadi kecil kecil dan beberapa lapisan
  • Setelah di potong rendam dengan air garam supaya menghilangkan getah dan memberikan rasa asin dan gurih nantinya
  • Potong menjadi kecil seperti gambar di atas
  • Setelah di potong cuci kembali dan bilas
Ituklah gambaran sederhana dari awal penebangan sampai pemotongan, selanjutnya adalah proses untuk menggoreng. Untuk resep seperti di bawah ini

Bahan

– 6 sendok sayur tepung beras
– 3 sendok sayur tapioka
– 2 sdt bawang putih bubuk
– 1 bungkus kaldu bubuk

Cara Membuat

Pertama cuci hasil potongan kecil kecil itu, kembali cuci menggunakan garam, lalu jika sudah di cuci tiriskan dan masukkan ke wadah panci.
Lalu masukkan tepung beras aduk dengan potongan tadi, disusul dengan minyak sayur, bawang putih dan kaldu bubu. Aduk hingga merata.
Pastikan kondisi pelapah pisang terlumuri tepung dengan baik, tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Jika semua sudah di masukkan coba untuk koreksi rasa.
Jika dirasa sudah enak baluri lagi dengan tepung kering supaya menciptakan tekstur yang krispi, lakukan sampai beberapa kali.
Selanjutnya terakhir tinggal panaskan wajan dengan minyak,tunggu hingga panas dan lakukan penggorengan.
Usahakan penggorengan jangan terlau gosong supaya rasa tidak pahit.
Berikutnya tinggal bungkus pakai plastik dan siap di passarkan, untuk jajanan anak sd bisa di bungkus dengan plastik kecil supaya harga murah dan agak besar untuk orang dewasa.
Sesuaikan dengan kebutuhan dan minat pasar. Nah demikianlah Ide Bisnis Keripik Pelapah Pisang Modal Minim Untung Banyak, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *