Ide Bisnis Jualan pakan Burung Beserta Analisa Bisnis dan Modal Usaha


BelajarUsaha.com – Seperti kita ketahui saat ini banyak beragam jenis burung dan semakin banyak dari waktu ke waktu, penjualan pakan burung dianggap sebagai bisnis yang akan bertahan lama.

Orang-orang yang tidak biasa dengan burung pun pasti akan tertarik untuk memeliharanya karena hal ini. Memulai usaha pakan burung juga tidak susah, bahkan bagi mereka yang bukan kicau mania. Anda dapat memulainya dengan melakukan analisa sederhana mengenal jenis burung dan pakanya.

Pakan burung merupakan salah satu produk yang memiliki potensi bisnis yang menjanjikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas peluang bisnis pakan burung serta beberapa tips untuk menjalankannya.

Beberapa faktor yang mendukung peluang bisnis pakan burung antara lain:

  • Tingginya minat masyarakat terhadap burung, baik sebagai hobi maupun untuk keperluan perlombaan burung.
  •  Perkembangan industri burung kicau yang semakin pesat, sehingga meningkatkan permintaan akan pakan burung.
  • Adanya kebutuhan akan pakan burung yang berkualitas dan bergizi untuk menjaga kesehatan dan performa burung.

Tips Menjalankan Usaha Pakan Burung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menjalankan usaha pakan burung:

1. Menambah Pengetahuan

Selain modal, pengetahuan juga sangat penting untuk bisnis pakan burung ini. Jadi, jika saat ini tidak tahu banyak tentang jenis burung dan apa saja makanannya, Pelu untuk belajar sendiri dengan mengunjungi situs-situs atau artikel di internet, sebab dengan mengetahui minimal dasarnya akan mudah dalam berjualan.

Kita juga harus bisa mempelajari cara merawat burung tertentu dengan benar, waktu yang tepat untuk memberi mereka makan, jenis makanan apa yang cocok untuk usia burung, vitamin apa yang dibutuhkan dan kapan diberikan, bahan pakan burung apa yang paling disukai, dan sebagainya.   

Selain belajar mandiri, juga dapat bergabung dengan grup atau komunitas online untuk memperluas wawasan dan memperoleh teman baru, yang nantinya pasti akan membantu mempromosikan bisnis  setelah melakukannya.

2. Mencari Suplier Pakan Burung

Ada banyak merek dan jenis pakan burung, serta pemasoknya. Cari pemasok yang menawarkan pakan berkualitas terbaik, dengan harga terjangkau, mudah dihubungi, stok pakan selalu tersedia, dan pastinya harus memiliki nama yang dapat dipercaya.

Sebagai pemula perlu memahami secara detail suplier pakan burung, sebab beberapa suplier tidak memberikan kualitas yang baik, sedangkan banyak pembeli yang menginginkan harga terbaik dan kualitas terbaik, jangan tergiur dengan harga yang murah.

3. Lokasi Usaha Yang Strategis

Lokasi sangatlah penting dalam menjalankan sebuah bisnis, Jumlah penjualan sangat dipengaruhi oleh lokasi bisnis pakan ternak, meskipun dapat membuka bisnis di mana saja, bahkan di teras rumah. Namun penentuan lokasi tetap wajib dipertimbangkan.

Usaha yang terletak di pinggir jalan raya besar atau dekat dengan perkantoran kemungkinan besar lebih sepi daripada yang terletak di dalam gang atau komplek perumahan.

Ini disebabkan oleh fakta bahwa lokasi yang terletak di dalam gang atau komplek perumahan tidak mudah dilihat dan sulit dijangkau, sehingga pembeli enggan mencarinya dan lebih memilih pergi ke toko pakan burung di pinggir jalan.

Tapi tidak hanya ramai. Lokasi usaha pakan burung yang ideal juga harus dekat dengan pecinta burung, seperti di dekat lapangan yang biasa digunakan untuk lomba kicau burung.

Analisa Bisnis dan Keuntungan

Usaha pakan burung memiliki potensi bisnis yang menjanjikan, terutama dengan adanya minat yang tinggi terhadap burung di Indonesia. Dalam menjalankan usaha ini, penting untuk memahami pasar dan berikut ini adalah analisa sederhana bisnis pakan burung.
Modal Usaha
– Lokasi/kontrakan : 5.000.000
– Modal Pakan Awal : 5.000.000
– Peralatan : 2.000.000
– Biaya operasional : 500.000
– Lainya : 1.000.000
TOTAL MODAL AWAL : 13.500.000
Analisa Keuntungan
Biasanya dilapangan keuntungan yang didapatkan per transaksi antara 2000-50.000 tergantung banyak dan sedikitnya orang belanja, namun kita akan ambil rata rata orang belanja setiap transaksi akan mendapatkan keuntungan 7000 saja.
Jika dalam satu hari bisa mendapatkan 50 transaksi maka keuntungan yang didapatkan adalah 350.000 perhari dan dalam 1 bulan kita akan mendapatkan 10.500.000, sangat menjanjikan bukan, namun perlu diingat bahwa ini hanyalah estimasi saja dan tidak menggambarkan sepenuhnya.
Nah jadi itulah Ide Bisnis Jualan pakan Burung Beserta Analisa Bisnis dan Modal Usaha secara sederhana bisnis ini dapat dijalankan dimana saja dengan biaya yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *