Bisnis Jualan Bakso di Rumah, Modal Sedikit Tapi Menguntungkan

Bakso
Bakso olahan rumahan

BelajarUsaha.com – Usaha bakso adalah usaha yang bergerak dalam bidang produksi dan penjualan makanan bakso.

Bakso merupakan salah satu jenis makanan yang sangat populer di Indonesia dan biasanya terdiri dari bola daging yang dicampur dengan tepung dan bumbu-bumbu rempah tertentu, yang kemudian direbus dan disajikan dalam kuah kaldu dengan tambahan mie, tahu, dan bahan pelengkap lainnya.

Bisnis ini sangat menjanjikan karena pangsa pasarnya yang besar dan masih terus berkembang.

Untuk memulai usaha bakso, kamu akan membutuhkan beberapa modal, barang, dan bahan-bahan, di antaranya:

– Modal usaha: Modal usaha bakso bisa bervariasi tergantung dari ukuran bisnis dan area tempat usaha tersebut berada. Biaya-biaya yang harus dipertimbangkan termasuk biaya sewa atau pembelian tempat usaha, biaya perizinan, biaya promosi, serta biaya pembelian bahan baku dan peralatan.

Baca JugaIntip Bisnis dan Keuntungan Jualan Batagor Bandung Bisa di Rumah atau Komplek Saja

– Barang-barang: Barang-barang yang diperlukan selama menjalankan usaha bakso antara lain panci besar, sendok, garpu, pisau, wadah penyajian, meja, kursi, dan lainnya.

– Bahan-bahan: Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bakso antara lain daging sapi atau ayam, tepung kanji atau tepung sagu, bawang putih, bawang merah, garam, lada, penyedap rasa, ebi (udang kering), dan air.

Adapun besaran modal yang dibutuhkan pada usaha bakso akan bervariasi tergantung pada ukuran bisnis yang diinginkan.

Semakin besar bisnis yang diinginkan, maka semakin besar pula modal yang diperlukan. Namun, sebagian besar bisnis bakso bersifat kecil dan dapat dijalankan dengan modal yang relatif terjangkau.

Perkiraan dalam satu porsi bakso dijual 10.000 dengan HPP 7000, maka keuntungan yang di dapat adalah 3000/porsi. Dan satu lagi, keuntungan terbesara ada dalam minuman. Misalnya menjual es teh dengan harga 3000, sebenarnya kita hanya modal 500 rupiah saja.

Jadi, misalnya satu orang membeli 1 porsi bakso dan 1 minuman, kita akan mendapatkan keuntungan 3000+2500 = 5.500/porsi. Sudah kelihatan kan keuntunganya, asumsi sehari 25 porsi saja, jika dalam satu bulan sudah mendapatkan 3.575.000/Bulan. 

Angka yang lumayan bukan? ini hanya 25 porsi saja sehari, jumlah yang sangat minim. Dan tentu untuk bisa mencapai lebih dapat dilakukan dengan mudah asalkan mau berusaha dan terus promosi.

Nah jadi itulah beberapa ulasan mengenai usaha bakso kecil kecilan dirumah, semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *