30+ Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menjanjikan

BelajarUsaha.com – Usaha di desa bukanlah hal yang dapat di sepelekan, di desapun bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Ada banyak keuntungan ketika berada di desa, ssalah satunya mempunyai sumber daya alam yang melimpah, hal inilah yang seharusnya bisa menjadikan penghasilan.

Namun ada juga kok beberapa peluang usaha yan bisa dijalankan di desa selain harus pergi kesawah, yuk simak pembahasanya.

40+ Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menjanjikan

1. Membuka konter pulsa dan paket data

Semua orang saatini membutuhkan pulsa dan paket data, dengan menjual pulsa dan paket data merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, warga dan orang sekitar akan membeli di tempat kita tanpa harus keluar desa.

2. Membuka jasa transfer dan top up e money

Dengan membuka jasa transfer kita akan mendapatkan keuntungan 2000 – 100.000 per transaksi, begitu juga dengan jasa top up emoney. Dimana sekarang ini banyak pengguna yang menggunakan emoney sebagai alat pembayaran.

3. Membuka Wifi Koin

Membuka wifi koin merupakan bisnis berlian di jalankan di desa, khususnya desa yang cukup sulit sinyal, dengan membuka usaha wifi koin pengguna akan membeli setiap jam dan biasanya pembeli terbanyak adalah anak anak, namun bijak dalam membuka usaha wifi koin.

4. Membuka Rental PS

Siapa yang tidak suka main PS, rata ata anak muda sangat menyukai game, di desa tentu usaha rental PS sangat menjanjikan, keuntungan berlipat dan usaha dijalankan tanpa banyak keluar tenaga.

5. Membuka Warung Kelontong

Kebutuhan rumah tangga tuntu sangatlah banyak, dengan membuka toko kelontong akan memudahkan warga dalam membeli kebutuhanya, seperti sabun, kebutuhan masak dll. Membuka warung kelontong mempunyai keuntungan yang tinggi, mengingat daya beli juga tinggi.

6. Menjual Sayuran dan Daging Segar

Membuka warung sayur akan memudahkan warga, khususnya ketika yang djual komplit, tidka hanya menjual sayur saja, melainkan juga menjual daging segar dan bumbu masakan.

7. Membuka POM Mini

Di desa sangatlah sulit membeli bahan bakar, kebanyakan penjual eceran. Dalam hal ini kita bisa mengambi peluang dnegan membuka usaha POM Mini, hal ini akan membuat orang lebih tertarik untuk membeli. 

8. Membuka usaha laundry

Tak jarang orang di desapun malas dan tidak bisa mencuci sendiri, apalagi cucian barang berat seperti selimut dan karpet, hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha laundry dan cuci karpet.

9. Menjual Cilok

Anak anak tentu sangat menyukai cilok, bukan hanya anak saja. Orang dewasapun banyak yang menyukai cilok, karena rasa enak dan juga murah. Dengan membuka usaha jualan cilok peluang ini juga cukup menjanjikan.

10. Menjual Cimol

Cimol merupakan jajanan yang terbuat dari tepung pati atau tepung tapioka, ememiliki karakteristik kenyal dan banyak disukai banyak kalangan. Cimol bisa dijadikan usaha sampingan selain cilok dirumah.

11. Menjual Jajan Frozen Food

Selain cilok dan cimol usaha jajanan frozen sangat menjanjikan seperti halnya menjual sosis, tamplek, otak otak dan jajanan frozen food lainya. Keuntungan dari jualan frozen food bisa sampai 50%, sangat menguntungkan bukan.

12. Jastip Barang dari Kota

Banyak barang barang di kota yang cukup sulit di beli jika di desa, dsdengan memanfaatkan jasa titip (JASTIP) kita bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga atau mematok harga sekian untuk sekali perjalanan. Tentu usaha ini cukup menjanjikan, mengingat lawan bisnis juga sedikit.

13. Pangkas Rambut

Setiap manusia pasti membutuhkan jasa pangkas rambut, tidak luput juga ketika berada di desa. Pangkas rambut bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang tepat, sebab orang pasti akan potong rambut minimal 3 bulan sekali.

14. Beternak Ayam

Beternak ayam jika ditekuni sangat menjanjikan, apalagi jika beternak mulai dari kecil hingga besar. Jika kita bisa mengelola, Ayam jenis jawa lebih menguntungkan.

15. Budidaya Lele

Budidaya lele merupakan usaha yang cukup bagus dijalankan di desa, karena di didesa mempunyai udara dan medan yang pas untuk usaha lele. Outputnya bisa dijual kilioan di pasar atau kiloan konsumsi. Keuntungan tentu cukup banyak bisa sampai 2x modal awal.

16. Budidaya Belut

Belut merupakan salah satu hewan yang banyak diminati untuk konsumsi, bisa digunakan untuk keripik atau di masak langsung. Membudidaya belut tentu sangat menguntungkan, apalagi permintaan di kota cukup banyak, hal ini bisa dimanfaatkan dengan membudidaya belut.

17. Jualan Baju Bekas

Menjual baju bekas didesa bisa dijadikan pilihan sebab ketika menjual baju bekas kita bisa menjualnya dengan harga murah, tentu baju bekas disini bukanlah bekas dengan kondisi jelek. Melainkan kita bisa menjual baju bekas import yang memiliki kualitas baik.

18. Bengkel Motor

Di desa banyak pengguna motor baik digunakan untuk sehari hari atau digunakan untuk kesawah, tentu masyarakat akan melakukan perawatan dari yang paling kecil seperti ganti oli hingga service motor, tentu dengan membuka bengkel motor cukup menjanjikan.

19. Ternak Sapi atau Kambing

Seperti sebuah rahasia umum, ternak kambing dan sapi merupakan usaha yang paling banyak dijalankan oleh warga desa, sebab dengan menernak sapi dan kambing keuntungan yang didapatkan cukup banyak, apalagi banyak petani juga yang sudah menganggap sebagai hobi, jadi ketika menjalankan usaha tidak berat.

20. Ternak Kroto

Kroto merupakan telur dari semut rangrang, biasanya kroto digunakan untuk pakan burung, bisa juga untuk memancing. Ternak kroto bisa dijadikan usaha sampingan di rumah, mengingat keuntungan juga cukup lumayan.

21. Penjahit

Jika mempunyai skill menjahit tentu usaha menjadi penjahit merupakan pilihan yang tepat, jika satu baju saja bisa di hargai 10 – 25 ribu untuk menjahit saja , tidak membuat. Tentu sangat menguntungkan, jika kita lihat orang mejahit baju bisa satu bulan sekali dan bayangkan satu desa berapa kali yang datang untuk menjahit bajunya.

22. Tukang Pijat

Seperti kita ketahui di desa banyak dari masyarakat yang bekerja di sawah tentu mereka juga mengalami capek dan pegal pegal. Dengan memuka jasa pijat bisa menjadi usaha yang bisa di tekuni dan untuk keuntungan juga tidak sedikit, bisa di bayangkan untuk tarifnya antara 30-50 ribu untuk sekali pijat.

23. Toko Pertanian

Mayoritas warga desa merupakan petani dan jika kita membuka usaha toko pertania merupakan solusi yang tepat, petani atau warga tidak perlu membeli peralatan pertanian di luar, mereka cukup membeli saja di dekat rumah.

24. Jualan Gorengan

Menjual gorengan bisa dijadikan salahsatu pilihan usa di rumah, gorengan siap saja suka apalagi ketika pergi kesawah, banyak warga yang tidak sempat untuk memasak. Membuka usaha jualan gorengan mempuntyai keuntungan 20-3-% dari harga jual, cukup menguntungkan bukan.

Baca JugaPeluang Bisnis Jualan Es Teh Kekinian Modal 2.9 Juta Aneka Rasa

25. Bimbingan Belajar

Membuka usaha bmbingan belajar menjadi salah satu pillihan tepat, mengingat banayak anak desa yang ternyata kesita waktunya untuk pergi belajar, keanyakan mereka sudadh kecapekan ketika pergi kesekolah karena jaraknya yang jauh. Dengan membuyka kelas atau bimbingan belajar merupakan usasha yang tepat unutk mengatasi masalahi ini.

26. Fotokopi

Banyak dari masayarakat yang bingung ketika harus fotokopi, apalagi di Indonesia sendiri apa apa harus fotokopi, belum juga kebutuhan sekolah banyak dokumen dan buku pelajaran yang biasanya harus difotokopi. Membuka usaha fotokopi juga bagiuan dari usaha yang tepat.

27. Pengrajin Kayu

Menjadi pengrajin kaytu bisa dijual di kota dengan harga mahal, pengrajin kayu bisa membuat hal hal kecil tapi bernilai mahal, bisa memhuat hiasan, emembuat souvenir dll.

28. Menjual Bunga Pinus

Jika hidup di desa dengan banyka pohon pinus, kita bisa memanfaatkan bunga pinus untuk dijual. Biasanya bunga pinus digunakan untuk hiasan rumah dan kebutuhan barang barang estetik.

29. Menjual daun daun kering

Sasma seperti menjual bunga pinus, dengan mencari daun daun kering yang bagus ternyata bisa menjadi uang dengan menjualnya kepada orang dekor, karena biasanya barang barang ini digunakan untuk hiasan dekorasi atau souvenir.

30. Penggilingan Padi

Semua orang di desa sangat membutuhkan penggilingan padi, sebab kalau mereka harus menggiling sendiri secara manual tentu sangat lama dan tidak efesien. Dengan membuka jasa penggilingan padi kita bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak.

31. Menjual Bakso dan Mie Ayam

Sebagai warga indonesia rata rata dari kita sangat menyukai baksi dan mie ayam, dengan membuka usaha bakso dan mie ayam di desa kita bisa menyediakan solusi bagi warga desa yang kepingin bakso, keuntungan dsari menjual bakso dan mie ayam juga cukup banyak

32. Reseller

Menjadi reseller produk apa saja bisa menjadi solusi usaha di desa, sebab untuk menjadi reseller banyak produk yang bisa di jual, mulai dari kosmetik, fashion dll.

Nah jadi itulah beberapa rekomendasi peluang usaha yang bisa dijalankan di desa. Selain mendapatkan keuntungan dengan membuka usaha di desa, sebenarnya kita juga membantu warga desa agar tidak keluar desa dan pergi kekota untuk membeli barang yang diinginkanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *